Thursday, October 30, 2014

Emang Kenapa Kalau Cewek Ngerokok?

First of all, you have to know that, saya sendiri bukanlah seorang perokok. Pernah mencoba menghisap rokok, yap! Saya pernah. Tapi bersyukur, hanya sekedar mencoba rasanya apa, dan sama sekali tidak kecanduan. Dan sampai sekarang masih bertanya-tanya. Orang-orang yang bilang ga bisa kalau ga ngerokok sehari itu kenapa ya?

Terutama di Indonesia, dan lebih spesifiknya di daerah-daerah tertentu, dan dikalangan atau lingkungan tertentu, apabila ada seorang wanita yang merokok terlihat sangatlah tidak pantas. "Eh lihat deh, masa cewek ngerokok?" Kalau menurut saya, "lah terus kenapa?" Apa saya mendukung atau setuju cewek itu ngerokok?

Hee,, Pada dasarnya entah itu cowok ataupun cewek saya sama tidak setuju yg namanya rokok. Tapi yang jadi aneh, kenapa dimata kebanyakan masyarakat kita memadang, kalau yg ngerokok itu cowok biasa, sedangkan cewek ga biasa. Padahal, efek rokok itu, baik untuk cowok atau pun cewek sama buruknya!

Kenapa sudut pandang kita ga dirubah. Oh, atau lebih tepatnya disama ratakan saja. "Ih, cewek kok ngerokok?ga pantes banget" Sama, ketika kita melihat cowok ngerokok. Intinya, men-set pikiran ini, siapapun dia yang namanya ngerokok kaga ada baek-baeknye. Mulai dari diri kita sendiri, hingga seluruh masyarakat meyakini, siapapun yg ngerokok ga pantes!

Susah donk? Ya, saya pun masih berfikir realistis walaupun mungkin-mungkin saja. Kalau pun rokok itu memang tidak bisa dihilangkan, setidaknya angka para 'pembakar duit' itu bisa dikurangi. Salah satunya dengan cara ini, meyakini, siapapun yang merokok, ga ada pantes-pantesnya!

9 comments:

  1. Karna merokok pun adalah sebuah pilihan,
    Pilihan dengan resiko akan 'disindir' orang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, memang merokok pilihan. tapi memilih merokok sama saja untuk memilih merusak diri sendiri, keluarga, dan orang-orang disekitar

      Delete
  2. susah kak. karena lingkungan kebanyakan mengajarkan bahwa yg ngerokok itu mesti laki-laki. bahkan di daerah saya, kalo ada perempuan merokok, langsung dicap 'pelacur'.

    ReplyDelete
    Replies
    1. point sebenernya adalah, yang merokok itu laki-laki atau pun perempuan sama jeleknya. Nah, tinggal tugas kita memperbaiki pola pikir. Laki-laki yang merokok itu sangat tidak baik seperti kalau perempuan yang merokok

      Delete
  3. pada dasarnya sama, engga cewe dan engga cowo itu kalo ngerokok pasti punya alasan sendiri, atau cuman ikut ikutan teman ya sama aja pada intinya punya alasan. tapi bukan berarti orang yang merokok bisa dibilang tidak baik, kalo soal kepantasan, sebelum menilai hendaklah bercermin, apakah diri ini sudah pantas menilai orang lain yg merokok itu tidak pantas ? hmm ... salam kenal salam blogger #happyblogging :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. konteks tidak baik disini adalah untuk dirinya sendiri dan orang (kesehatan) lho mas.
      tapi... semua bebas berpendapat dengan sudut pandang nya masing-masing. heee
      salam kenal, salam blogger.
      terimakasih sudah berkunjung :)

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  4. Iya ya, padahal sama aja cowok sama cewek. Hehe..
    Tapi kalo ungkapan pembakar duit saya masih kurang sreg dipakai istilah swperti itu, sama halnya dengan petasan juga dibilang membakar duit. Berarti kalo beli minuman sama dengan meminum duit dong, beli bensin sama juga membakar duit. Kalo ada yg bilang minuman dan bensin adalah kebutuhan, bagi beberapa orang yg sudah menjadi pecandu, rokok adalh kebutuhan. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe.. minuman, makanan, bahan bakar adalah kebutuhan yang memang harus dipenuhi. tapi kalau rokok? menurut saya bukan kebutuhan. menjadi kebutuhan karena sudah kebiasaan saja. karena, toh banyak yang tidak merokok tapi tetap bisa menjalani hidupnya dengan baik :)

      Delete